Ideee... Dimanakah Dirimuuu..??


Salam para penulis hebat.. semoga banyak orang.. telah membaca idemu.. manfaat bagi mereka.. dan bernilai disisi Tuhan bagimu. Amiin

Dimanakah menemukan ide..?? Apakah yang bisa menjadi inspirasi..??

Mari kita lihat bersama yaa... ^_^

****** @ ******

Yang selalu diungkapkan oleh seorang yang belum menulis adalah ‘tidak ada ide’ atau ‘tidak memiliki sumber inspirasi’. Ungkapan yang kurang tepat tampaknya. Yang benar adalah ‘terlalu banyak sumber inspirasi’ sehingga kita kesulitan untuk memilih atau fokus pada satu hal yang bisa kita kembangkan menjadi sebuah tulisan. Alam semesta ini, adalah sumber inspirasi yang luar biasa kayanya. Di zaman modern saat ini, sampah pun bisa menjadi sumber inspirasi.

Sebagai contoh sumber inspirasi yang tak habis untuk terus diungkapkan dalam sebuah tulisan adalah kata ‘cinta’ dan ‘ibu’. Jika kita mencarinya di toko buku. Maka ada ratusan buku yang berbicara tentang cinta dan menuliskan banyak hal tentang ibu. Namun, sebanyak apapun orang menuliskan dari satu sumber inspirasi yang sama. Mereka tetap menuliskannya dengan cara-cara yang berbeda. Apakah bahasanya, isinya, cara pandangnya dan lain-lain. Atau jika dicari di google search, dengan key word ‘ibu’, maka akan ditemukan 22.000.000 hal mengenai ibu. Sedangkan untuk keyword ‘cinta’, ada 555.000.000 item. Jika dicari dengan keyword ‘buku berjudul ibu’, ada sekitar 1.170.000 item. Sedangkan key word ‘buku berjudul “cinta”’. Terdapat 1.230.000 item. Dan semuanya terinspirasi baru dari dua hal saja, ‘cinta’ dan ‘ibu’.

Menurut Doni BU (kontributor portal Detikinet.com) ada beberapa sumber ide, yang didasarkan pada panca indera kita. Yaitu,

a. Listen (Mendengar)
Telinga kita mampu mendengar banyak hal yang bisa menjadi inspirasi menulis. Apakah itu pembicaraan kita dengan orang lain, suara gemericik air di sungai, suara gabungan ombak dan angin di pantai dan lain-lain.

b. Touch (Sentuhan)
Dengan menyentuh sesuatu, dapat juga menimbulkan ide untuk menulis. Karena, seperti halnya indera yang lain. Dengan sentuhan pun kita bisa mengambil kesimpulan. Walaupun sifatnya terbatas.

c. Smell (Penciuman)
Indera penciuman kita mampu menangkap demikian banyak bau. Wangi atau tidak. Keduanya bisa menghasilkan tulisan yang luar biasa.

d. Sight (Penglihatan)
Pandangan mata kita, adalah sumber ide yang sangat luar biasa. Dan menjadi sumber ide yang tidak terbatas.

e. Taste (pengecap)
Ide untuk sebuah tulisan bisa kita dapatkan dari pengalaman kita merasakan sesuatu, memakan makanan dan minuman. Saat kita makan permen misalnya. Maka dengan itu, kita bisa mengembangkannya menjadi sebuah tulisan.

******* @ *******

Semesta ini.. adalah buku yang senantiasa terbuka. Tak siapapun akan kehilangan kesempatan untuk menemukan inspirasi di dalamnya. Kecuali ia bermata.. namun tak melihat. Bertelinga.. tapi tak mendengar. Berhati.. namun tak merasa..???

******* @ *******

Semoga makin kuat.. katamu.. menembus hati. Semakin tajam,, kalimatmu.. menyentuh jiwa. Dan semakin dalam kisahmu.. memahat rasa. Amiin

Wassalaamu'alaykum...

*Tetap PENGEN BISA NULIS yaa... ^_^

No Response to "Ideee... Dimanakah Dirimuuu..??"

Posting Komentar