Bangga Indonesia



Indonesia adalah tanah airku

Tanah tumpah darahku

Raga dan jiwaku sedia membelamu

Hingga tetes darah terakhirku

Indonesia adalah bangsa cintaku

Anugerah terbesar dalam hidupku

Gerak langkahku menjunjungmu

Indonesia, Impian besarku


Hidup adalah sebuah Perjuangan. Dan perjuangan membutuhkan pengorbanan. Sekitar tiga ratus lima puluh tahun Indonesia dijajah. Penganiayaan dan kekerasan terjadi dimana-mana. Mayat berserakat dan korban terus berjatuhan. Dengan prinsip Hidup Merdeka, Mati Mulia. Timbul semangat dari para pemuda Indonesia yang bertekad merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Dan dengan berkat rahmat Allah impian tersebut tercapai.

Rangkaian panjang perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan menunjukan peran penting generasi muda. Generasi penerus yang harus mengisi kemerdekaan dengan optimisme hidup. Perjuangan tidak berhenti sampai disini, meskipun Kolonialisme sudah lama meninggalkan Indonesia. Perjuangan masih terus berlanjut, maka sebagai generasi muda, tak semestinya energi perjuangan kita pudar. Generasi muda adalah harapan bangsa, penerus perjuangan para pahlawan bangsa. Kobarkan tekadmu, nyalakan semangatmu, kumpulkan kekuatanmu maju bersama untuk Indonesia tercinta. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

Tanpa di minta, saya sebagai anak bangsa yang mencintai dan mengagumi Indonesia, berusaha memberikan sumbangsihnya. Baik dalam bentuk tulisan atau ide yang ingin saya tuangkan. Ungkapan pepatah bijak “Jangan tanyakan apa yang telah Negara berikan kepadamu, tapi apa yang sudah kamu berikan kepada Negara”.

Paling utama yang harus kita banggakan adalah bangga terhadap diri sendiri. Diri kita sangatlah bernilai dan berharga. Karena Allah menciptakan kita dengan sebaik-baiknya. “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. Al-Tiin : 95 [4]).

Di balik penciptaan kita sebagai makluknya, pasti Allah mempunyai suatu tujuan yang sangat mulia. Di diri kita tertanam karakteristik yang berbeda-beda satu sama lain. Dari sejak kecil kita di ajarkan bagaimana memahami mana yang baik dan buruk. Ingatlah walaupun sekarang hidup kita lebih tinggi, tapi jangan membuat lupa siapa diri kita sebenarnya. Dan Mudaers juga jangan memandang diri kamu rendah. Karena semua manusia di mata Allah sama. Bedanya ketaqwaan yang kita kerjakan.

“Ada Obsesi, ada jalan”. Buat mudaers kalimat tersebut penting banget. Karena kita hidup harus punya sebuah obsesi. Kenapa? Agar hidup kita menjadi lebih bermakna. Mungkin sebagian mudaers bisa bilang “Jalanin aja hidup seperti air yang mengalir”. Itu yang salah, karena tanpa kita pikir memang hidup mengalir dengan sendirinya. Tapi kalau begitu kita ga punya prinsip donk! Mudaers ga mau kan di bilang dimana angin berembus di situ dia akan mengikuti atau dibilang ikut-ikutan. Nah tentuin dari sekarang langkah mudaers ke depan nanti bagaimana, jangan bagaimana nanti. Karena sukses di masa depan ditentuin dari yang kita kerjakan sekarang. Setujukan!

Sudut pandang kita terhadap Indonesia takkan pernah habis. Jika kita mau menelusuri Indonesia lebih jauh, semakin bertambah cinta kita terhadap Tanah Air Indonesia. Salah satu yang bisa diuraikan oleh saya adalah bangga terhadap Indonesia, dari sisi hobi, minat, dan kecintaan Mudaers. Semoga bermanfaat.

Bangga dengan Musik Indonesia

Musik adalah salah satu hasil karya seni seseorang atau kelompok. Seringkali musik digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan oleh si penciptanya. Awalnya pencipta hanya membuat musik untuk di nikmati sendiri. Tapi semakin berkembangnya kemajuan, musik dinikmati banyak orang. Banyak pendatang baru mencoba karirnya lewat lagu yang di senandungkan lewat aliran musik yang berbeda. Walaupun banyak pendatang baru bermunculan, tetapi tidak mengurungkan niat mereka untuk dapat menembus belantika musik Tanah Air. Meski mereka membuat musik agak sulit dan sering di tolak pembuatan albumnya. Kenyataannya banyak yang tetap terjun di dunia musik. Musik adalah seperti bagian hidup, tanpa musik dunia terasa mati. Masa sich.!

Dalam seni musik, tentunya mudaers pun mengenal seni lainnya. Seperti seni rupa, tari, teater, sastra dan drama yang dikemas dalam sebuah pertunjukan. Dahulu sebuah pertunjukan dilakukan untuk memperkenalkan atau mempromosikan baik berupa kebudayaan atau kesenian yang dimiliki daerah. Meskipun cara ini tertinggal jauh dengan adanya media elektronik, tapi cara ini lebih efektif untuk menarik banyak perhatian.

Begitu cepatnya perkembangan musik di Indonesia. Mulai dari penyanyi dan lagu yang dibawakan. Dunia musik tidak hanya di gemari kalangan anak muda, bahkan Ibu rumah tangga, tukang ojek, pejabat pun tidak mau ketinggalan. Karena musik bisa mengekspresikan diri, emosi dan perasaan. Dahulu musik sudah ada untuk mengiringi upacara-upacara keagamaan.
Mudah-mudahan para musisi terus berkarya dalam industri musik. Dan semoga hasil karya anak muda di dunia musik bisa memberikan prestasi Indonesia di mata dunia.

Bangga dengan Olah raga Indonesia

Walaupun dalam tahun terakhir Indonesia baru berlaga dalam Kejuaraan Piala Asia 2007 yang berlangsung di Stadion Istora Bung Karno, tapi kita patut acungin jempol dengan prestasi anak bangsa yang telah mengukirnya.

Bagaimanapun Olah raga Indonesia memang masih jauh ketinggalan dari negara tetangga, tapi itu semua tidak membuat atlet-atlet muda Indonesia putus asa dan menyerah. Mereka masih mempunyai harapan dan cita-cita untuk membawa kejayaan Indonesia kembali. Mereka akan terus berjuang dan membuktikan kemampuan bangsa Indonesia. Kedepan Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam acara Sea Games 2011. Semangat Indonesia!!!


Bangga dengan Masakan Indonesia

Indonesia Culinary. Mungkin mudaers lebih mengetahui tentang berbagai jenis makanan dan cita rasa masakan di Indonesia. Betapa Ajibnya! Masakan Indonesia. Mulai dari Kari Ayam dari Aceh, Daun Singkong Tumbuk dari Medan, Rendang Daging dari Padang, Pempek dari Palembang, Soto Betawi dari Jakarta, Karedok dari Jawa Barat, Gudeg dari Yogyakarta, Soto madura dari Jawa Timur, Sate Lilit Ayam dari Bali, Ayam Bakar Taliwang dari Lombok, Sate Payau dari Kalimatan, Perkedel Jagung dari Sulawesi, Cumi Hitam Papua dari Papua, Dodol dari Garut dan lain sebagainya. Tidak hanya Indonesia kaya dengan masakan daerahnya tetapi juga bahwa Indonesia kita kaya akan rempah-rempah. Mudaers dapat temui diantaranya jahe, kencur, lengkuas, temu kunci, kunyit, daun jeruk, daun salam, daun kemangi, daun sereh, lada, kemiri, ketumbar, cengkih dan lain-lain. Semua itu selain bermanfaat untuk bumbu masakan bisa juga digunakan untuk pengobatan.

Jika mudaers perhatikan di setiap rumah makan atau restoran, menu makanan tradisional dari berbagai pelosok tanah air hampir semua tersedia. Ya, Kelezatan masakan Indonesia siap berpetualang dan menguncang selera. Selamat mencoba!

Bangga dengan Budaya Indonesia

Kekayaan budaya Indonesia pada dasarnya bersumber dari tradisi kultural daerah. Kebudayaan bisa diartikan wujud dari prilaku nenek moyang bangsa kita. Kebudayaan ini secara turun temurun diwariskan oleh mereka. Kesadaran menjaga dan melestarikan terhadap kebudayaan Indonesia, menjadi masalah bersama. Agar orang asing atau negara lain tidak bisa mengklaim sebagai miliknya.

Kebudayaan sangatlah mempengaruhi kehidupan masyarakat. Sebab budaya adalah hasil rasa, cipta dan karya tangan manusia. Zaman telah membuat manusia untuk berpikir maju dengan menciptakan budaya. Hasil budaya yang mempunyai nilai dan Ilmu pengetahuan, sehingga mengubah kehidupan manusia semakin lebih baik. Seiring berkembangan zaman menyadarkan kita bahwa manusia takkan berhenti untuk mengembangkan budaya.

Meskinpun, perkembangan budaya sangat pesat. Mudaers harus hati-hati. Karena arus globalisasi begitu deras, apalagi sekarang banyak budaya asing masuk dan tumbuh di lingkungan kita. Kita ngga mau kan dibilang kebudayaan bangsa Indonesia norak atau kuno, karena sikap kita yang ikut-ikutan bangga dengan budaya asing. Padahal nilai dan norma kebudayaan yang kita miliki jauh lebih baik. Lihat saja, sebelum budaya asing masuk, jarang sekali tindakan kekerasan, penganiayaan, dan pelecehan sexsual kita temui. Karena sadar akan harkat dan martabat dirinya maupun bangsa. Sebaliknya sikap senonoh, terbuka dan terkesan vulgar bangga ditampilkan pada tempat umum. Akhirnya menjatuhkan harkat dan martabat diri dan bangsa sendiri. Maka sebagai mudaers harus menyadari kalau budaya bangsa kita lebih bernilai dan bermoral dibandingkan dengan budaya asing.

Bangga dengan Objek Wisata Indonesia

Sebuah kebanggaan bersejarah bagi Indonesia. Candi Borobudur yang melambangkan salah satu simbol dari tujuh keajaiban dunia. Bangunan Prestisius yang membuktikan pada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar.

Tidak bisa dipungkiri, kemegahan Candi Borobudur termasuk kebudayaan paling besar yang di miliki Indonesia. Bangunan ini adalah hasil karya anak bangsa yang telah mengukir prestasi bangsa Indonesia di mata dunia. Jika Mudaers memiliki jiwa berpetualang dan gemar keliling dunia. Pasti Mudaers mengetahui banyak tempat-tempat objek wisata di Indonesia. Salah satu yang menarik di Indonesia sebagai tempat para wisatawan lokal atau asing adalah Candi Borobudur, sebagai tempat bersejarah pada jaman Mataram Hindu. Selain Candi Borobudur, masih banyak tempat-tempat wisata lainnya diantaranya Candi Prambanan, Malioboro, Danau Toba, Pulau Seribu, Palau Komodo, Lombok, Bali, Gunung Tangkuban Perahu, dan sebagiannya. Serta panorama keindahan alam lainnya.

Objek wisata Indonesia sangat Indah dan menawan jika dibandingkan dengan objek wisata mancanegara lain. Pemerintah Indonesia harus lebih memperkenalkan dan mempromosikan kepada dunia luar. Agar pendapatan devisa negara bertambah, sehingga taraf kehidupan Indonesia lebih sejahtera.


Bangga dengan Warisan Indonesia

Batik adalah salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang di akui Badan Dunia UNESCO sebagai warisan budaya “tak benda” pada tanggal 2 Oktober 2009 dan mendapat pangakuan resmi secara Internasional. Patut kita syukuri di tengah maraknya kostum-kostum rancangan desainer dari berbagai dunia. Tapi batik menampilkan kekhasanya tersendiri, sehingga menjadikan Kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Selain batik Indonesia juga memiliki Tenun, Songket, Sulam, Aksesoris dan Kerajinan Indonesia lainnya. Sejatinya Batik merupakan Identitas bangsa Indonesia yang harus di jaga dan di lestarikan.

Sontak masyarakat Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009 mengenakan batik. Pada saat itu, terlihat sikap bangga menjadi warga Negara Indonesia yang mengenakan batik. Tidak hanya Ibu rumah tangga, guru-guru, karyawan kantor bahkan intansi swasta maupun pemerintah semua mengenakan batik. Sebagai upaya untuk memperkuat dan perkenalkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang memiliki budaya. Kebijakan pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia pada setiap hari jumat mengenakan batik. Sangatlah tepat, sehingga meningkatkan minat masyarakat akan mencintai produk kebudayaannya sendiri.

Buat Mudaers di seluruh Nusantara, saya ada Ide bagus nih. Salah satu kerajinan membuat batik ini bisa kita terapkan di lingkungan sekolah, rumah ataupun perusahaan garmen. Caranya gimana? Kita usul kepada Diknas Pendidikan Daerah atau Pusat buat kurikulum pendidikan yang mewajibkan sekolah jurusan atau mahasiswa mengikuti program pelatihan membuat batik!.

Keuntungannya apa? Kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki batik akan semakin di akui dunia bahwa setiap anak bangsa diberikan keterampilan membuat batik. Tidak hanya itu, kerajinan batik ini bisa jadi jenis usaha kecil, menengah bahkan besar. Bahkan bisa menyerap tenaga kerja. Tentunya kita bisa mengembangkan berbagai desain motif dan corak batik yang sudah ada. Apalagi sekarang sudah banyak aksesori yang terbuat dari batik. Mulai dari ikat pingang, sandal, sepatu, dasi, tas, jilbab atau kerudung dan lainnya. Dari sekian produk batik yang telah kita buat. Kita bisa memasarkan atau mempromosikan produk batik kita ke seluruh dunia. Jadilah bangsa kita pengekspor batik yang keuntungannya bisa nambah uang saku sekolah kita, terus menjadi sumber devisa Negara juga. Benar kan!.

Mudaers yang kreatif. Batik itu Indah dan bagus banyak nilai sejarahnya yang terkandung. Tidak hanya cocok di pakai buat ”Kondangan” bahasa betawinya, batik juga cocok di pakai berbagai jenis acara. Baik dalam acara reakreasi, rapat, seminar, reuni, wisuda dan sebagainya. Untuk mudaers jangan takut terlihat lebih tua ketika memakai batik. Walau ada anggapan batik itu untuk orang tua. Sekarang udah ada batik dengan desain motif dan corak yang di buat khusus untuk muda.

“Saya bangga mengenakan batik, apalagi corak dan motif batik sangat bagus dan bervariatif! Ketika saya memakainya terlihat lebih berwibawa.” Tutur Saefudin, Karyawan Toko Buku Yasmin Pondok Cabe, Tangerang.
Nah, Udah lihat sendirikan. Tunggu apalagi, buruan berpartisipasi ramai-ramai kita mengenakan batik. Sebagai upaya bahwa kita bangga dan cinta terhadap warisan bangsa Indonesia. Let’s go!.

Bangga dengan film Indonesia

Coba kita perhatikan dengan seksama. Tayangan di Television yang menampilkan bermacam-macam acara. Banyak yang hanya menjual mimpi-mimpi belaka. Film-film yang jauh meninggalkan kebudayaan (cultural) bangsa Indonesia. Dan cenderung menampilkan kehidupan yang mewah dan semena-mena. Mudaers sekarang seharusnya kritis terhadap tayangan-tayangan yang hanya memuat unsur seks, penindasan, dan kriminalitas. Selain dapat merusak moral anak bangsa serta bertentangan dengan norma agama. Karena dampak dari tayangan tersebut banyak anak-anak yang meniru dari adegan film yang aktor perankan maupun pesan yang disampaikan dari film tersebut.

Masih ingatkan kita salah satu film yang mengangkat cultural masyarakat Indonesia adalah Si Doel Anak Sekolahan karya Sjuman Djaya. Walaupun film jaman dahulu, tetapi masih di gemari sebagian masyarakat Indonesia.
Film yang bermutu adalah film yang betul-betul memperjuangkan cita-cita dan bukan untuk sekedar hiburan atau tempat yang menguntungkan. Sepatutnya sarana film di Indonesia dijadikan wadah anak bangsa untuk berkreatifitas dan melestarikan budaya bangsa.

Mestinya pemerintah Indonesia harus menjadikan film sebagai jembatan apresiasi yang dapat mendorong generasi muda berkembang dan berpendidikan cerdas. Dan menciptakan generasi yang mempunyai antusias tinggi terhadap produk film Indonesia sendiri. Karena film merupakan bagian dari kesenian dan mempunyai fungsi yang amat mulia.

Hakekatnya Kebanggaan adalah milik makhluk hidup. Siapa pun berhak memperoleh kebanggaan itu. Baik terhadap apa yang melengkat pada dirinya, yang sudah sepatutnya di syukuri atau pun anugerah yang telah Tuhan berikan lewat kelebihan-kelebihan yang Ia terima. Tulisan ini adalah sebuah upaya mensyukuri anugerah Tuhan yang di miliki Indonesia, meski pun tidak se-detail yang pembaca inginkan. Tapi mudah-mudahan bermanfaat. Penulis ingin mengajak generasi muda memberikan sumbangsih kepada bangsa Indonesia. Toh! Pada nantinya generasi mudalah yang akan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia.

Oleh Masis Priyanto

Banyak hal telah terjadi di negri ini.. Dengan orang-orang yang berbeda pikir dan keyakinannya. Kebanggaan pada setiap sisi Indonesia.. adalah sesuatu yang niscaya. Semoga tak membuat kita buta.. bahwa negara manapun.. selalu ada sisi-sisi.. yang mesti diperbaiki. Semoga.. Harapan masih ada... Karena selalu ada harapan. (ADMIN)

2 Response to "Bangga Indonesia"

mudaerscommunity mengatakan...

WAH.. Jadi sedikit terkesan baca tulisan sendiri.. Terima kasih telah dimuat, semoga banyak manfaatnya..
By Masis..

Sukses selalu..

Nindya Atari mengatakan...

aku suka kata-kata semua yang di tulisankan disini :D

Posting Komentar